Sederet Prestasi Riset Naufal Fachriyadi, Siswa MAN IC OKI Peraih Medali Emas MYRES
1 min read

Sederet Prestasi Riset Naufal Fachriyadi, Siswa MAN IC OKI Peraih Medali Emas MYRES

Ternate, Humas—Ahmad Naufal Fachriyadi, Peserta Didik MAN Insan Cendekia OKI peraih medali emas Madrasah Young Reseacher Supercamp (MYRES) tahun 2024 punya sederet prestasi di bidang riset nasional hingga internasional.

Naufal menggeluti dunia riset mulai kelas XI dalam kelompok ekstrekurikuler KIR. Dari sinilah, ia tertarik meneliti pada bidang sosial-politik. Bahkan, ketiga penelitian yang telah diselesaikannya memiliki topik politik yang telah dilombakan, diseminarkan, sampai diterbitkan dalam prosiding international conference.

Kompetisi perdana yang ia ikuti adalah MYRES pada tahun 2023 lalu. Tetapi langkahnya harus terhenti di babak presentasi hasil penelitian (30 besar). Hasil tersebut tak lantas membuatnya down, sebaliknya.

Naufal jadikan hasil penelitiannya tersebut untuk diseminarkan dalam sebuah seminar internasional. Bahkan saat ini sudah tiga penelitian ia selesaikan.

Berikut daftar prestasi Ahmad Naufal Fachriyadi bidang riset:

  1. Pemakalah pada International Conference on Religion, Science and Education (ICRSE) 2023, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan diterbitkan pada prosiding: https://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/icrse/article/view/1123
  2. Pemakalah padaInternational Conference On Interdisciplinary Studies (ICONIS) dan diterbitkan pada Journal of Governance and Accountability Studies: https://goodwoodpub.com/index.php/jgas/article/view/1900
  3. Medali Emas World Young Inventions Exhibition (WYIE) di Malaysia
  4. Medali Emas Global Youth Invention and Innovation Fair (GYIIF) di IPB University.
  5. Medali Perak Japan Design, Idea, and Exhibition (JDIE) di Jepang.
  6. Medali Emas MYRES 2024.

Pembimbing riset, Afryansyah, mengatakan bahwa Naufal miliki potensi dalam bidang riset yang bisa terus diasah, termasuk perkembangannya dalam penelitian Myres tahun 2024 ini.

“Myres bukan sekadar kompetisi yang melihat hasil, tetapi bagaimana proses dan progres, maka ada istilah ‘supercamp’, di sini terlihat potensi Naufal untuk menjadi seorang juara riset”, Ungkap pembina KIR tersebut.

Menurut Kepala Madrasah, Komariah Hawa, MAN IC OKI selain sebagai madrasah akademik, juga sebagai madrasah riset. Maka, dalam ajang bergengsi MYRES ini MAN IC OKI juga menyiapkan delegasi terbaiknya untuk bisa berkompetisi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *