Kayuagung, Humas.

Dalam rangka rangkaian peringatan Hari Santri Nasional 2022, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menggelar istighosah di Auditorium MAN IC OKI, Sabtu (22/10). 

Hadir dalam acara tersebut, Kepala MAN IC OKI H. Kiagus Faisal, S.Ag., M.Pd.I, PTK, dan seluruh peserta didik kelas X,XI,XII. 

Faisal mengatakan, istighosah ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati peran para santri, kiai, suhada, dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia yang kemudian diperingati menjadi Hari Santri Nasional. 

“Tema Hari Santri tahun ini adalah ‘Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”  Tema ini mencerminkan peran santri dalam sejarah bangsa karena selalu ada di setiap fase perjalanan bangsa Indonesia, kata Faisal.

Faisal juga menjelaskan bahwa sejarah telah membuktikan bahwa santri selalu ada dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Menurutnya, saat Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak.

Santri juga dinilai bisa menjadi apa saja dengan segala kemampuannya. Tidak hanya ahli ilmu agama, namun juga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kendati bisa menjadi apa saja, kata dia, santri tidaklah melupakan tugas utamanya menjaga agama. Pasalnya salah satu tujuan agama adalah untuk memuliakan manusia. Sebaliknya, agama tidak diturunkan untuk merendahkan martabat kemanusiaan.

“Santri senantiasa berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusian atau hifdzunnafs adalah esensi ajaran agama, terutama di tengah kehidupan Indonesia yang sangat majemuk. Karena menjaga martabat kemanusiaan juga berarti menjaga Indonesia,” ucapnya. (Tito)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *