Suksesnya MAN Insan Cendekia OKI dalam pembinaan prestasi OSN dibagikan dalam Forum Group Discussion (FGD) Koordinator Olimpiade SMA se-Sumatera Selatan (30/9). Kepala Madrasah, H. Kiagus Faisal menugaskan Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Muhammad Mufarikhin untuk memaparkan Best Practice MAN IC OKI dalam FGD yang bertempat di SMAN 3 Palembang.

Dalam FGD ini, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan menghadirkan Koordinator Olimpiade MAN IC OKI, SMAN 1 Palembang, SMAN Sumsel, dan SMAS IGS Palembang sebagai narasumber. Kepala Dinas Pendidikan Prov Sumsel diwakili oleh Kasi Kurikulum SMA Dr. Parmin, S.Pd. M.M turut hadir dan membuka FGD ini.

Adapun peserta yang diundang, yaitu guru-guru pembina olimpiade dari SMA di wilayah Kota Palembang, Kota Prabumulih, Kabupaten OI, OKI, dan Banyuasin.
Dalam paparnya, Mufarikhin menyampaikan proses pembinaan olimpiade dari awal sampai akhir. Ia menuturkan proses panjang rekrutmen Olimpiade Club, bimbingan, dan proses lain yang dilakukan madrasah.

“Sholat Duha, Tahajud, Doa, sampai mereka juga harus dapat keikhlasan orang tua, guru, dan tentunya teman-teman. Itu yang kita lakukan.” Jelas Mufarikhin.

Menurutnya, MAN IC OKI dalam membina peserta didik juga menyeimbangkan antara belajar dan beribadah. Pembinaan jug dilakukan dengan mengikutsertakan Peserta Didik dalam berbagai ajang olimpiade pemanasan dan try out yang diselenggarakan pihak lain.

“Bapak Ibu bisa beri kesempatan pada siswanya, arahkan mereka ikut olimpiade online misalnya. Ini akan membentuk psikologi mereka menjadi pejuang yang kompetitif”, lanjut Mufarikhin.

Sebelumnya, Kepala MAN IC OKI, H. Kiagus Faisal mengharapkan Mufarikhin dapat berbagi seluas-luasnya kepada peserta agar delegasi Sumatera Selatan banyak memperoleh medali pada perhelatan akbar OSN tahun 2023 nanti.

“MAN IC OKI bersama-sama SMA/MA lain di Sumsel ini saling sharing. Semoga menjadi jariyah bagi kita dalam dakwah melalui prestasi”, harap Faisal.

Tahun ini, MAN IC OKI akan mewakili Sumatera Selatan dalam ajang OSN National, yaitu sebanyak 4 peserta didik degelasinya pada mapel bidang Biologi, Astronomi, Informatika, dan Kebumian. (Af).

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *