Teken MoU, Alumni MAN IC OKI Bisa Jadi Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tanpa Tes

Teken MoU, Alumni MAN IC OKI Bisa Jadi Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tanpa Tes

Serpong, Humas—Kepala MAN Insan Cendekia OKI, H. Kiagus Faisal dan Wakil Rektor IV UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Ulfiah, menandatangani perjanjian kerja sama bidang kelembagaan di ruang pertemuan MAN Insan Cendekia Serpong (18/2). Salah satu isi kerja sama, Alumni MAN IC OKI bisa menjadi mahasiswa UIN Bandung tanpa tes di semua fakultas.

Dalam sambutannya, Prof. Ulfiah menyampaikan bahwa kerja sama ini dilakukan untuk mengakomodir capaian kompetensi lulusan MAN IC. Beliau ingin semua lulusan MAN IC bisa melanjutkan di perguruan tinggi favorit, salah satunya UIN Sunan Gunung Djati.

Hal ini diamini oleh Kepala MAN IC OKI, Kiagus Faisal. “Ya, tentu ini kan juga atas petunjuk Gus Menteri. Masa, lulusan MAN IC OKI yang sudah disaring dari ribuan peserta melalui SNPDB tidak punya privilege. Mereka ini siswa siswi terbaik sudah lulus seleksi SNPDB dan dididik dengan baik di madrasah unggulan”.

Faisal lantas mengakui memang beberapa tahun belakang lulusan MAN IC OKI masih belum tinggi minat berkuliah di UIN. Tetapi, seiring dengan prestasi-prestasinya, saat ini UIN-UIN di Indonesia telah menjelma menjadi perguruan tinggi terbaik dan tetap berbasis Islami.

“Udah keren sekarang UIN. Mau kedokteran (FK) juga ada. Punya golden tiket siswa MAN IC OKI. Jadi siapa yang minat pasti kita dorong”, tambah Faisal.

Sebagaimana diketahui, MAN IC OKI rata-rata mengantarkan alumninya ke perguruan tinggi dengan presentase 98% yang tersebar di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di dalam dan luar negeri.

Dalam keterangan lebih lanjut, Wakil Kepala Bidang Humas, Afryansyah, menuturkan bahwa MAN IC OKI telah banyak menjalin kerja sama agar lulusannya bisa berkuliah di perguran tinggi impiannya.

“Ya, kita terus kerja sama dengan berbagai lembaga untuk penjaminan mutu pendidikan dan lulusan”, ujar Wakabid Humas.

Ia pun latas menyebutkan bahwa saat ini MAN IC OKI sudah bekerja sama dalam bidang pendidikan atau lulusan di antaranya: UIN Sunan Gunung Djati, UIN Raden Fatah, Universitas Pertamina, dan Telkom University.

“Secara khusus, ya univ-univ tadi. Tapi jaminan kita lakukan, ya garansi lah. Kami di bidang akademik terus memberikan layanan pendidikan berupa intensif masuk perguruan tinggi”, jelas Afryansyah.

Masih dalam keterangannya, tahun 2022 dan 2023 ini, MAN IC OKI terus mengembangkan fokusnya, yaitu dalam mengantarkan lulusannya sekolah kedinasan.

Beberapa sekolah kedinasan yang sudah dicapai oleh lulusan MAN IC OKI, yaitu: STAN, IPDN, STIS, STMKG, STTAD, Universitas Pertahanan, dan beberapa lembaga lainnya. (Af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *