3 Peserta Didik MAN IC OKI Wakili Sumsel di KSM 2023
1 min read

3 Peserta Didik MAN IC OKI Wakili Sumsel di KSM 2023

Kendari, Humas.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan rutin tahunan yang digelar oleh Kementerian Agama RI. Kegiatan ini serupa dengan kegiatan OSN (Olimpiade Sains Nasional) yang diselenggarakan oleh Puspresnas – Kemdikbud, hanya saja dalam KSM selain menguji tentang pengetahuan sains juga diintegrasikan dengan konteks nilai-nilai Islam.

Pada tahun ini ajang KSM yang digelar pada 3-7 September 2023 bertempat di Kota Kendari- Sulawesi Tenggara. KSM ini melibatkan 1500 peserta dari 34 Provinsi.

Kontingen KSM Provinsi Sumatera Selatan yang akan berkompetisi di Kendari adalah 3 Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI_ atas nama Arif Hidayat Harahap Bidang Geografi Terintegrasi, Achmad Yusuf Fadhilah Bidang Ekonomi Terintegrasi dan Ariq Muflih Pohan Bidang Biologi Terintegrasi. Sebelumnya mereka mendapat Juara 1 perbidang masing-masing KSM Tingkat Provinsi sehingga berhak memperoleh tiket ke KSM tingkat nasional.

Umi Nadifah, S.Pd selaku Koordinator Olimpiade MAN IC OKI yang turut mendampingi peserta didik tersebut mengaku bersyukur atas keberhasilan peserta didiknya  melaju ke tingkat nasional.  Tentu tidak terlepas dari dukungan penuh dari Warga MAN IC OKI dan Orang tuanya.

Disamping itu, kata Umi, tentu support dari teman-teman dan orang tua peseta didik juga turut menambah semangat peserta didiknya dalam belajar dan berlatih.

M Ali Ramdhani, selaku Dirjen Pendis Kemenag RI mengatakan ajang KSM ini diharapkan akan melahirkan generasi muslim berprestasi dan kompeten yang akan berkontribusi meningkatkan daya saing bangsa di masa yang akan datang. Hal ini sesuai dengan tema yang diangkat “Mandiri Berprestasi Membangun Kemuliaan Generasi”.

Umi juga mengucapkan  Alhamdulillah, tahun ini KSM 2023 tingkat nasional di Kendari, kami dari MAN IC OKI (Kontingen KSM Sumsel) telah berusaha yang terbaik untuk mempersiapkan kompetisi ini.

“Semoga KSM ini dimudahkan, dilancarkan, diberikan kesehatan, dan meraih hasil yang terbaik,” ujarnya. (Tito)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *