Kayuagung, Humas—Satu dari dua Tim Robotik MAN Insan Cendekia OKI tengah menyiapkan diri untuk mengikuti Madrasah Robotic Competition (MRC) Kementerian Agama tahun 2022. Mereka, yaitu M. Ilham Syafik dan Ghassan Azka El Atallah yang merancang robotnya dengan tema Hidraulic Automatic Purfication Water Filter.

Kategori robot inovasi ini mempunyai misi dalam menjernihkan dan membersihkan air yang kotor di lingkungan sekitar. Cara kerja robot ini sendiri dibagi dalam dua tahap masing – masing tahap memiliki proses  penetration dan hard filtration.

Selain menjelaskan misinya, M. Ilham Syafik juga menjelaskan bahwa saat ini timnya sedang fokus untuk mengonstruksi robotnya. Ia pun menyebutkan komponen-kompenen robot, di antaranya 5 Baterai, 4 Motor, 2 Mainboard, 2 IR sensor, 2 Lampu (lampu hijau, lampu merah), 1 Servo, dan 1 buzzer.

Cara kerja robot ini diawali dengan menyentuh IR sensor pertama dimulai dengan hidupnya lampu hijau setelah 5 detik dari lampu hijau menyala, proses penetration pun mulai.  Setelah itu, hard filtration pun ikut mulai lalu setelah itu matinya penetration dan setelah sesaat itu hard filtration pun mati. Lalu servo akan menyentuh IR sensor kedua memulai tahap kedua proses pertama, yaitu dust cleaner setelah itu dengan hidupnya lampu merah memulai purification setelah beberapa saat itu tahap kedua pun mati ditandai dengan bunyinya buzzer dan matinya lampu merah.

Setelah intensif latihan dan uji coba, nantinya peserta didik akan mengikuti tahapan-tahapan seleksi.

Pembimbing Robotik, Cipto Kurniawan menuturkan bahwa tim bimbingannya ini telah siap mengikuti seleksi.

“Udah siap, udah latihan. Sekarang lagi tahap penyusunan makalah dan mengonstruksi robotnya. Ya, supaya anak-anak bener-bener paham cara kerja karena ide mereka sendiri dan mereka yang merangkai sendiri. Kami membimbingnya.” Tutur Cipto.

MRC tahun 2022 ini akan diselenggarakan secara offline di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Pelaksanaan kompetisi tersebut, yaitu pada 22—23 November 2022. (Af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *