Miliki Perhatian pada Pemilu Lewat Riset, Siswa MAN IC OKI Lolos MYRES
1 min read

Miliki Perhatian pada Pemilu Lewat Riset, Siswa MAN IC OKI Lolos MYRES

Kayuagung, Humas—Proposal penelitian peserta didik MAN Insan Cendekia OKI, Ahmad Naufal Fachriyadi dan Nabil Pasyuhada Putra lolos dalam ajang Madrasah Young Reseachers Super Camp (MYRES) tahun 2023. Mereka menyajikan ide menarik untuk menyiapkan generasi muslim sadar Pemilu, khususnya pemilih pemula.

MYRES merupakan ajang atau kompetisi penelitian siswa madrasah yang diselenggarakan Direktorat KSKK, Ditjen Pendis, Kementerian Agama RI.

Adapun judul penelitian kedua peserta didik, yaitu Pesantren Anti Golput: Peningkatan Partisipasi Pemilih Melalui Metode Sosialisasi dan Pendidikan Politik di Pesantren Salafiyah. Keduanya tertarik mengangkat topik ini demi mengingatkan pentingnya sadar politik dan demokrasi bagi remaja, dengan studi khusus santri pondok pesantren.

Melalui Pembina KIR, Afryansyah, menjelaskan bahwa peserta didik MAN IC OKI mengirimkan 15 tim untuk berkompetisi MYRES tahun ini. “Maksimal 15 tim. Cukup ketat. Tahun ini kita baru punya kesempatan 1 tim saja yang lolos. InsyaAllah kita maksimalkan”.

Mendapatkan hasil ini, Kepala Madrasah, H. Kiagus Faisal mengaku bangga dan turut memotivasi peserta didik.

“Sebagai madrasah riset. Peserta didik harus kreatif, inovatgif, kritis, dan solutif. Ya tentu salah satunya melalui ide-ide riset mereka.” Ungkap Faisal.

Selanjutnya, peserta didik akan melakukan presentasi proposal dan melakukan penelitian lapanngan sesuai dengan jadwal penelitian dan agenda MYRES 2023. (Af)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *