Selimuti Kabut Asap, Puskesmas Sugihwaras Bagikan Masker Gratis
1 min read

Selimuti Kabut Asap, Puskesmas Sugihwaras Bagikan Masker Gratis

Kayuagung, Humas

Dengan sigap, untuk mengantisipasi penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) di kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Puskesmas Sugih Waras Kabupaten OKI membagikan masker di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) OKI Provinsi Sumatera Selatan, Kamis (19/10).

Pembagian masker gratis ini dilakukan mengingat dalam sepekan kabut asap tebal mulai menyelimuti Kabupaten OKI.

Menurut penjelasan, Tim Kesehatan MAN IC OKI Rika Damayanti, AM. Kep menjelaskan sebagai antisipasi dan kewaspadaan dini terhadap peningkatan kasus ISPA khususnya yang terjadi pada anak usia sekolah diimbau agar mengurangi aktivitas diluar serta menggunakan masker” paparnya.

Dikhawatirkan, warga madrasah akan terkena infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA. Dimana ISPA ini dapat menimbulkan peradangan pada saluran pernapasan, mulai dari hidung hingga paru-paru. Oleh sebab itu, tim kesehatan beserta jajaran puskesmas membagikan masker gratis.

“Pencegahan penyakit ISPA, salah satunya menutup permukaan muka dengan masker agar asap maupun debu tidak masuk ke rongga mulut atau hidung. Infeksi di saluran pernapasan yang menimbulkan seperti gejala batu, pilek, disertai dengan demam,”terangnya.

Selain itu ia juga mengajak agar kita tetap waspada dan tetap berobat serta konsultasi dengan dokter jika mengalami gejala-gejala tersebut.

Kepala MAN IC OKI Hj. Komariah Hawa, M.Pd yang diwakili oleh Wakamad Kesiswaan Saidina, S.Pd.I, Gr menerangkan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) terbagi atas: baik (0-50), sedang (51-100), tidak sehat (101-200), Sangat Tidak Sehat (200-300) dan Berbahaya (300-500). (Tito)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *