Lagi, Hasil Penelitian Siswa MAN IC OKI Dipaparkan pada International Conference

Lagi, Hasil Penelitian Siswa MAN IC OKI Dipaparkan pada International Conference

Kayuagung, Humas—Dua hasil penelitian peserta didik MAN Insan Cendekia OKI lolos seleksi full paper sekaligus dipresentasikan pada The Frist International Conference on Interdiciplinary Studies (ICONIS) 2023. Hasil penelitian (1) Alinsya dan Fadila dan (2) Naufal Fahriyadi tersebut dipaparkan pada sesi pararel secara virtual bersama presenter lainnya dari 5 negara.

Conference yang diselenggarakan Pascasarjana UIN Suthan Thaha Saifudin Jambi (29—30/11) ini, diikuti oleh pembicara dari USA, Turkey, Philipine, Brunei Darussalam, dan Indonesia. Seminar dibuka oleh Plt. Rektor, Prof. Abu Rokhmad dan dilanjutkan sesi panel discussion oleh Prof. Hamid Fahmy Zarkasyi (Indonesia), Prof. James Hosterey (USA), Assoc. Prof. Dr. Serafettin Gedik (Turkiye), Dr. Ahmad Masum (Brunai Darussalam), Assoc. Prof. Dr. Anwar Radiamoda, Ph.D., Sh.L. (Philippines), kemudian dilanjutkan dengan Parallel session.

Makalah pertama berjudul Financial Literacy and Paylater (Sample Study: Shopping Behavior of OKI District Teenagers) merupakan hasil penelitian Alinsya dan Fadila. Makalah kedua, yaitu Salafiah Pesantren Ideology and KPU Muara Enim’s Efforts to Increase Voter Participation  adalah hasil penelitian Naufal Fahriyadi.

Keduanya merupakan hasil penelitian wajib peserta didik MAN Insan Cendekia OKI dalam program KATULISTIWA (Karya Tulis Ilmiah Siswa). Keikutsertaannya dalam seminar ini menjadi bagian dari luaran proram tersebut.

Kepala MAN IC OKI, Hj. Komariah Hawa menuturkan bahwa MAN Insan Cendekia OKI sebagai madrasah riset, program KATULISTIWA menjadi program unggulan untuk meningkatkan prestasi peserta didik di bidang riset.

“Kelas XI mereka wajib meneliti, kemudian yang terbaik bisa ikut kompetisi atau seminar baik nasional maupun internasional. Jelas tujuannya untuk critical thinking dan prestasi”, papar Komariah.

Kedua artikel peserta didik tersebut nantinya akan diterbitkan pada jurnal dan atau prosiding internasional pada ICONIS tersebut. (Af).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *