Kayuagung, Humas.

Tim robotik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) berhasil melenggang ke nasional dalam ajang Kompetisi Robotik Madrasah (Madrsah Robotics Competition) ke-8 tahun 2022 yang diadakan oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Dirjen Pendis Kemenag RI.

Ajang bergengsi ini  akan digelar di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tanggal 22-23 November 2022 mendatang. Kompetisi robotik kali ini mengangkat tema “The Next Generation of Robots: Making Better Life”. Kompetisi robotik madrasah tingkat nasional ini diikuti oleh peserta dari madrasah-madrasah di seluruh Indonesia mulai dari tingkat MI, MTs hingga MA. Tim robotik dari MAN IC OKI yang akan berlaga di tingkat nasional adalah Rahman Nur Hakim kelas XI. IPA 1 dan Muhammad Alfayyad kelas XII IPA 2 di bawah bimbingan Cipto Kurniawan, S.Kom. Gr.

Cipto saat dimintai konfirmasi tentang proses kompetisi ini memaparkan, “Kegiatan yang kami ikuti ini merupakan ajang kompetisi battle robot tingkat MA. Prosesnya dimulai dari menemukan ide, merakit atau merancang, mengoperasikan hingga menemukan teknologi baru dibidang robotika.

“Battle Robot Ai (artificial Intelligence) adalah robot line follower yang memiliki fungsi kecerdasan buatan yang dapat mengenali huruf dan menyusun kotak sesuai urutan, mode mekanik mengambil bola dari lantai dan menembakkan bola. Robot harus memiliki dua mode gerak, mode otomatis dan mode manual”, JelasCipto.

Kepala MAN IC OKI H. Kiagus Faisal, S.Ag., M.Pd.I tak lupa menyampaikan apresiasinya, “Alhamdulilah untuk kesekian kalinya  MAN IC OKI mampu tampil di berbagai ajang nasional. Keberhasilan dalam kompetisi ini membuktikan bahwa peserta didik kita tidak hanya dituntut mampu secara akademik tetapi juga  harus terampil, kreatif dan mandiri sejalan dengan perkembangan teknologi, sehingga mampu  menjawab permasalahan dan tantangan global. Lanjutkanlah perjuangan mulia ini, persiapkan diri sebaik-baiknya, semoga kita mampu tampil menjadi yang terbaik, Aamiin.” Ujar Faisal. (Tito)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *