Deteksi Dini TBC, Peserta Didik MAN IC OKI Terima Penyuluhan
1 min read

Deteksi Dini TBC, Peserta Didik MAN IC OKI Terima Penyuluhan

Kayuagung, Humas.

Dalam rangka pencegahan penyakit Tuberkulosis (TBC), para Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mendapatkan penyuluhan dari petugas Kesehatan Puskesmas Sugihwaras OKI, Senin (18/9) di Auditorium MAN IC OKI yang diikuti oleh seluruh kelas X, XI dan XII MAN IC OKI.

Petugas penyuluhan Dr. Paradila Navia Tuzzuhra mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk monitoring dan deteksi dini penyakit TBC.

“Kami mengadakan salah satu kegiatan yang ada dalam bantuan operasional kesehatan, yaitu monitoring dan deteksi dini penyakit TBC kepada anak sekolah dan sasarannya adalah siswa,” ujarnya.

Kegiatan dimulai dengan penyuluhan tentang penyakit TBC mulai dari pengertian sampai dengan gejala, cara penularan kemudian.

“Kami lanjutkan dengan monitoring dan deteksi dini dengan cara menanyakan tanda dan gejala penyakit TBC,” terangnya.

Lebih lanjut Paradila menjelaskan jika ada siswa atau siswi yang mengarah pada gejala tersebut akan ditindaklanjut oleh pihak Puskesmas dan jika terbukti positif TBC akan diadakan penguatan program TBC selama 6 bulan.

Rika Damayanti, AM.Kep Petugas Kesehatan MAN IC OKI mengatakan kegiatan semacam ini sangat perlu guna meningkatkan wawasan siswa mengenai gejala serta penanganan penyakit menular

“Kegiatan seperti ini sangat diperlukan dan tentunya bermanfaat bagi siswa, mengingat minimnya pengetahuan siswa terkait pernyakit semacam ini,” pungkasnya. (Tito)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *