Kepala MAN IC OKI Hadiri Desiminasi Hasil AKMI Nasional

Kepala MAN IC OKI Hadiri Desiminasi Hasil AKMI Nasional

Jakarta, Humas—Kepala MAN Insan Cendekia OKI, Hj. Komariah Hawa menghadiri Desiminasi Nasional Hasil AKMI 2023 di Jakarta pada 4 s.d. 7 Desember 2023. Hasil AKMI ini merupakan rilis Kementerian Agama dari hasil assesmen 2 s.d. 14 Oktober 2023 pada seluruh peserta didik Madrasah Ibtidaiyah se-Indonesia.

Salah satu panitia Komponen 2 AKMI, Persahini Sidik melaporkan hasil AKMI tahun 2023 ini bahwa AKMI tidak merujuk pada keberhasilan atau kegagalan peserta didik pada suatu mata pelajaran tertentu, akan tetapi AKMI lebih membidik kemampuan peserta didik madrasah membiasakan diri dalam berliterasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi sosial budaya yang menggambarkan fenomena dan problematikanya.

Hal tersebut, menurut Komariah menjadi salah satu pemantik madrasah di Indonesia untuk menjadikannya rujukan arah pendidikan madrasah.

“Termasuk di dalamnya MAN IC OKI, literasi yang peningkatan literasi siswa harus menjadi fokus madrasah. UTBK  juga jadi penilaian utama peserta didik yang lolos di PTN”, ungkap Komariah.

Assesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) merupakan salah satu implementasi Proyek Realizing Education’s Promise: Support to Indonesia’s Ministry of Religious Affairs for Improved Quality of Education (Madrasah Education Quality Reform) REP-MEQR Tahun Anggaran 2023, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *