Budayakan Membaca, MAN IC OKI Adakan Literasi Terjadwal
1 min read

Budayakan Membaca, MAN IC OKI Adakan Literasi Terjadwal

Kayuagung, Humas.

Gerakan literasi sekolah/madrasah merupakan program yang direncanakan pemerintah untuk membudayakan membaca dan menulis. Untuk mendukung program pemerintah tersebut,  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengadakan kegiatan literasi membaca yang pelaksanaannya terjadwal setiap hari kamis dilakukan sebelum kegiatan belajar mengajar dengan durasi 15 menit. Dengan kegiatan ini diharapkan para siswa mampu melatih diri untuk terbiasa membaca untuk menambah wawasan pengetahuannya.

Kemampuan literasi sangat penting untuk dimiliki setiap individu, termasuk bagi para siswa. Masih rendahnya tingkat literasi di Indonesia, membuat pemerintah ambil bagian. Gerakan Literasi Sekolah/Madrasah menjadi salah satu cara pemerintah untuk meningkatkan kemampuan literasi bangsa Indonesia.

Kepala MAN IC OKI, H. Kiagus Faisal, S.Ag., M.Pd.I berharap dengan adanya program literasi  yang terjadwal, para siswa akan terbiasa membaca, yang akhir-akhir ini banyak siswa diluar yang malas membaca. Selain itu juga kegiatan literasi diharapkan mampu menambah prestasi .

“Kegiatan literasi membaca ini kami jadwalkan dengan harapan peserta didik akan terbiasa membaca dan pada akhirnya budaya membaca akan terbentuk. Seiring dengan hal tersebut maka prestasi juga akan meningkat,” jelasnya.

Kegiatan literasi membaca di MAN IC OKI dilaksanakan dengan cara para siswa membawa sendiri buku meminjam buku di pojok baca kelas baik fiksi maupun nonfiksi. Selama 15 menit sebelum pelajaran dimulai, para siswa membaca buku yang mereka pinjam, setelah selesai mereka mencatat jumlah halaman buku yang dibaca pada kartu catatan literasi. Setelah satu buku selesai dibaca, maka siswa bisa membuat ringkasan/sinopsis dari buku yang dibaca. Kegiatan ini didampingi oleh para wali kelas masing-masing peserta didik.

 “Kami menekankan pada kebiasaan membaca, supaya siswa senang membaca,” ujar Faisal. (Tito)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *